PROPOSAL USAHA
“E-DISTRO”
Disusun Oleh :
Nama
: EDI SAPUTRA
Program Keahlian : TKJ
SEKOLAH SMKN 1 WAY BUNGUR
KECAMATAN
WAY BUNGUR KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
LEMBAR
PENGESAHAN
Judul
: Proposal Usaha “DISTRO”
Nama
:
Kelas
:
Proposal ini telah diterima dan disahkan pada :
Hari
:
Tanggal
:
Oleh :
Ketua Jurusan/ Ka. Prog.
Guru Pembimbing
……………………………. …………………………….
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
…………………………..
ii
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada
Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan
kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa
kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling
bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat
menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan
proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru
pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami
menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya
kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui
kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya
kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari
manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya
nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari
kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua
pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami
semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada
umumnya.
Way Bungur,
2014
iii
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ……………………………………………………………………….. i
LEMBAR
PENGESAHAN ……………………………………………………………….. ii
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………………………... iii
DAFTAR
ISI ……………………………………………………………………………….. iv
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Informasi
Tentang Bisnis ………………………………...……………………... 1
1.2 Latar
Belakang …………………………………………………………………… 1
1.3 Visi dan
Misi ……..………………………………………………………………. 1
BAB
II KEGIATAN USAHA
2.1 Konsep Promosi ……………………………………………………………….… 2
2.2 Target Pelanggan ………………………………………………………………… 2
2.3 Prespektif Masa Depan Usaha …………………………………………………...
2
2.4 Analisis Persaingan …………………………………………………..…..…… 2
2.5 Segmentasi Pasar yang akan Di masuki …………………………………………. 2
BAB
III RENCANA PEMASARAN
3.1
Penetapan Harga ……………………………………………………………... 3
3.2
Pelaksanaan Distribusi ……………………………………………………….. 3
3.3
Strategi Promosi yang akan dilakukan ………………………………………. 3
BAB
IV PERENCANAAN PERMODALAN
4.1
Sumber-sumber permodalan …………………………………………………. 4
4.2
Neraca Permulaan Perusahaan ……………………………………………….. 4
4.3
Proyeksi Aliran Kas ………………………………………………………….. 4
4.4
Perencanaan Laba Rugi ………………………………………………………. 5
BAB
V PENUTUP ………………………………………………………………………..… 6
iv
BAB I
PENDAHULUAN
Informasi tentang
bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang
perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian serta
fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat Garut,
khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami
rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan
pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami
melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para
pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan
perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan
kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fahion bagi
masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.
Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin
tingginya kebutuhanmasyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan
dengan kebutuhan
fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to
date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat
untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh
dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
E-Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan
generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa
melupakan corak &
cirri khas Indonesia.
Visi dan Misi
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan
memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date
untuk memberikan
warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi : Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto :”E-Distro : The Satisfied Of Customers Is
Number One”
1
BAB II
KEGIATAN USAHA
Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang
perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga
membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat
luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini
kami optimis E-distro
akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda
atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka
adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak
di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju.
Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar
Perumahan Garut Indah pada saat ini sangat besar.
Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang
ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat
belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
Segmentasi Pasar yang
akan dimasuki
Distro E-distro membidik pasar kelas menengah ke
bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada
prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan
pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan
kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha
distro ini cenderung
kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha
distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan
permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro ,akan tetapi dengan semakin tinggi populasi
rakyat, maka kemampuan distrountuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk
melakukan pelayanan yang baik dan dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan
2
BAB III
RENCANA PEMASARAN
Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang
diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan
dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah
tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan
disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
> Rp. 89.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 180.900,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 235.800,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 69.900,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 199.900,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-
|
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi
intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk
sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam
penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
Strategi
Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain
:
• Membuat pamphlet-pamflet berisi produk –
produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
• Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik
melalui situs jejaring sosial maupun forum.
• Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang
sedang uptodate di distro
3
BAB IV
PERENCANAAN PERMODALAN
Sumber-sumber
permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian E-Distro yaitu dari pemilik
distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam
bidang perdagangan
Neraca Permulaan
Perusahaan
a) Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1. Modal Awal produksi
Renovasi Awal &
Desain Interior
|
Rp. 20.000.000,-
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 600.000.000,-
|
Biaya Soft Opening
dan Promosi awal
|
Rp. 5.000.000,-
|
Biaya gaji karyawan
tahun pertama
|
Rp. 60.000.000
,- +
|
Jumlah Modal
Produksi
|
Rp. 685.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
· Listrik Rp.
12.000.000,-
· Asuransi Rp.
11.000.000,-
· Transportasi Rp. 6.500.000,-
· Administrasi Rp. 4.500.000,-
· Pajak Rp. 2.750.000,-
· Pemeliharaan gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya
produksi (1 + 2)
Jumlah modal
produksi Rp.
710.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain Rp. 42.750.000,- +
Total Rp.
667.250.000
Proyeksi Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor
adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu
menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan
bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa
balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar
daerah.
4
Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
|
Biaya tetap
|
||
1. Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp. 7.000.000,-
|
|
2. Gaji pegawai
|
Rp. 60.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 67.000.000,-
|
|
Biaya variable/ produksi
|
||
Kulakan baju grosir
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya-biaya lain
|
||
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp. 6.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 36.700.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 703.700.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan aneka
pakaian dan fashion
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 256.300.000,-
|
|
5
BAB V
PENUTUP
Harapan saya untuk usaha “Distro” ialah supaya produk ini
bisa lebih berkembang dan maju.
Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil
kesimpulan :
1.
Seorang
pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk
kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.
Sebelum
membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan
sasaran yang akan dituju.
Postingannya bermanfaat :)
BalasHapus